Searching...
Sunday, February 22, 2015

Sejarah Seluk Beluk OS Android Si Robot Hijau

Sunday, February 22, 2015
Google android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Google android awalnya dikembangkan oleh Google android, Inc., dengan dukungan finansial dari Yahoo, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Available Mobile Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.  Ponsel Google android pertama mulai dijual pada bulan Oktober '08.

Antarmuka pengguna Google android didasarkan pada manipulasi langsung, menggunakan masukan sentuh yang serupa dengan tindakan di dunia nyata, seperti menggesek, mengetuk, mencubit, dan membalikkan cubitan untuk memanipulasi obyek di layar. Google android adalah sistem operasi dengan sumber terbuka, dan Yahoo merilis kodenya di bawah Lisensi Apache. Kode dengan sumber terbuka dan lisensi perizinan pada Google android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, driver nirkabel, dan pengembang aplikasi. Selain itu, Google android memiliki sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi (apps) yang memperluas fungsionalitas perangkat, umumnya ditulis dalam versi kustomisasi bahasa pemrograman Java. Pada bulan Oktober 2012, ada sekitar 700. 000 aplikasi yang tersedia untuk Google android, dan sekitar 20 juta aplikasi telah diunduh dari Yahoo Enjoy, toko aplikasi utama Google android. Sebuah review pada bulan April-Mei 2013 menemukan bahwa Google android adalah platform paling populer bagi para pengembang, digunakan oleh 71% pengembang aplikasi seluler.

Faktor-faktor di atas telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan Google android, menjadikannya sebagai sistem operasi telepon pintar yang paling banyak digunakan di dunia, mengalahkan Symbian pada tahun 2010. Google android juga menjadi pilihan bagi perusahaan teknologi yang menginginkan sistem operasi berbiaya rendah, bisa dikustomisasi, dan ringan untuk perangkat berteknologi tinggi tanpa harus mengembangkannya dari awal. Akibatnya, meskipun pada awalnya sistem operasi ini dirancang khusus untuk telepon pintar dan tablet, Google android juga dikembangkan menjadi aplikasi tambahan di televisi, konsol permainan, kamera electronic digital, dan perangkat elektronik lainnya. Sifat Google android yang terbuka telah mendorong munculnya sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi untuk menggunakan kode sumber terbuka sebagai dasar proyek pembuatan aplikasi, dengan menambahkan fitur-fitur baru bagi pengguna tingkat lanjut atau mengoperasikan Google android pada perangkat yang secara resmi dirilis dengan menggunakan sistem operasi lain.

Pada Nov 2013, Google android menguasai pangsa pasar telepon pintar international, yang dipimpin oleh produk-produk Samsung, dengan persentase 64% pada bulan Maret 2013. Pada Juli 2013, terdapat 11. 868 perangkat Google android berbeda dengan beragam versi. Keberhasilan sistem operasi ini juga menjadikannya sebagai goal ligitasi paten "perang telepon pintar" antar perusahaan-perusahaan teknologi. Hingga bulan Mei 2013, full 900 juta perangkat Google android telah diaktifkan di seluruh dunia, dan 48 miliar aplikasi telah dipasang dari Yahoo Enjoy. Pada tanggal 3 Sept 2013, 1 miliar perangkat Google android telah diaktifkan.

Wah betapa hebatnya OS ini bisa dengan pesat menjadi primadona yang dinantikan oleh para develover.

Next
This is the most recent post.
Older Post

1 komentar:

  1. Talk with family members, friends, as well as law firms in regards to the divorce legal professionals they've utilized. The info you will acquire at their store will allow you to find the proper divorce attorney. Whenever one or two receives betrothed these people by no means assume ending up finding a divorce. Unfortunately, divorce has grown to be a growing number of frequent in today's community, where there can be a smaller preconception attached with the idea. On the other hand, it is always a hard and also psychological voyage.
    virginia divorce attorney
    Your divorce lawyers main objective would be to is their guide along with assist their customers. Additionally they make certain that they're not rooked. Simply by without having professional legal representation, several divorce clientele could be giving up selected protection under the law and also particular entitlements. By simply employing a experienced divorce attorney, your client may rest assured that they're not going to end up being misled or betrayed in any respect.

    ReplyDelete

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Content Menu Terpilih